7 Hikmah membaca dan menonton film horor, no 7 sensasional

Kata "horor" memicu berbagai imajinasi tentang hal-hal yang menakutkan dan menyeramkan, menciptakan sensasi yang memacu adrenalin. Ketika kita mendengar kata "horor", beberapa hal yang mungkin langsung terlintas di benak banyak orang seperti:

1. Suasana gelap yang menimbulkan perasaan tidak nyaman dan takut.

2. Makhluk supranatural yang menakutkan dan sering menjadi pusat cerita horor.

3. Rumah atau Tempat yang penuh dengan misteri dan kejadian-kejadian mengerikan.

4. Perasaan tegang dan teror yang terus-menerus, membuat jantung berdebar lebih cepat.

5. Bikin Screams and Jumpscares dengan Teriakan ketakutan dan momen-momen mendadak yang mengejutkan penonton.

6. Tema-tema tentang kematian dan pembunuhan yang sering muncul dalam cerita horor.

7. Elemen visual yang brutal dan berdarah-darah, terutama dalam subgenre slasher.

8. Monster, zombie, vampir, dan entitas menyeramkan lainnya.

9. Ketakutan yang berasal dari gangguan mental atau kondisi psikologis yang menakutkan.

10. Kisah tentang kutukan kuno atau ritual yang mengundang kekuatan jahat.

Dibeberapa negara termasuk negara kita terdapat urban legend yang sudah dikisahkan dari mulut ke mulut, lalu dituliskan dalam bentuk sastra horor bahkan sudah dibuat filmnya. Sebagai contoh seperti Ninik Thowok, series Kuntilanak , Malam 1 Suro, Jelangkung dan sebagainya. Padahal sebagaimana yang saya tulis diatas tadi, bahwa film-film genre horor mah kayaknya ga ada untungnya juga untuk ditonton bener kaan?

Emma - 7 Hikmah membaca dan menonton film horor, no 7 sensasional
Design image by canva 

Lihat saja, artis pemeran cantik atau ganteng mau dihias sedemikian rupa hingga jadi terlihat buruk dan seram, kasihan ya demi cuan dan terlihat eksis di dunia entertainment rela melakukannya. Belum lagi, bumbu cerita yang terkadang tidak berhubungan dengan plot kisahnya. Tapi herannya fans si artis banyak dan filmnya juga laku ditonton sebagian orang.

Terkadang saya berpikir mengapa hantu atau dedemit orang Indonesia kok tercipta jelek dan kampungan ya? Berbeda dengan hantu negara lain yang cenderung lebih tampan dan cantik. Misalnya nih ya seperti :

✅Eropa atau Amerika, hantu mereka yang terkenal adalah Count Drakula, identik dengan pria nya berjas, elegan, berkelas dan tampan. Sedangkan untuk yang wanita bergaun, high heels dan berdandan cantik lengkap dengan perhiasan. Untuk kediamannya di kastil atau rumah mevvah dan mengendarai mobil keren.

✅Arab Saudi, Jin Arab lebih keren lagi, mereka pakai baju kebesaran ala-ala sultan lengkap dengan hiasan kepala pakai batu jambrut, safir atau permata lainnya, alas kaki sepatu berlapis emas yang melengkung keatas (modis deh hahaa), tinggal di dalam lampu ajaib yang nyaman dan untuk kendaraan pakai karpet terbang.

✅Cina, hantu/vampir cina keren juga, dimana mereka menggunakan baju bangsawan lengkap plus hiasan giok, tempat tinggal tahu dong kuil atau kuburan cina seperti apa, ada yang pakai emas juga lho! kalau mau kemana-mana tinggal terbang saja.

✅Nah, kalau Indonesia?

Hantunya pakai daster putih tanpa motif, rambut panjang acak-acakan (malas nyisir), tinggal dirumah yang buruk dengan hobi nangkring diatas pohon (tahu dong ini siapa?). Belum lagi hantu anak kecil botak hanya mengenakan cawat  dan berjalan kaki dalam mencari mangsa (syukur-syukur kalau ada orang yang mau memelihara mungkin bisa pakai baju kali ya hahaa) dan masih banyak lagi.

Melihat dari uraian diatas timbul pertanyaan dong, apa iya hantu suatu negara terlihat berbeda berdasarkan pendapatan perkapita atau majunya suatu negara? kalau seperti ini bisa dikatakan bahwa hantu-hantu Indonesia masih terbelakang dong hehee😁. 

Emma - 7 Hikmah membaca dan menonton film horor, no 7 sensasional
Event diskusi meja panjang tema Horor, dokpri emma 

Menyoal dari bedanya hantu Indonesia dan negara lain adalah tergantung bagaimana kehidupan yang khas atau budaya di suatu negara. Pada prinsipnya tidak ada manusia yang mampu melihat jin ataupun iblis, karena seperti kisah pada zaman nabi Muhammad Saw, bila ada orang yang mengaku melihat setan ataupun hantu maka Nabi SAW akan menyuruh orang tersebut untuk di ruqyah sar'i.

Kalaupun pernah ada orang yang mengaku melihat hantu maupun setan, maka itu hanyalah imajinasi atau khayalan orang yang kala itu melihat makhluk dalam bentuk imajinasi orang tersebut  silahkan lihat Al-Qur'an surat Al Araf(7) ayat 27. Karena pada dasarnya seperti yang ditulis dalam kitab suci  faktanya tugas setan hanyalah berbisik-bisik dan menggoda manusia (Al Qur'an surat An-Nas ayat 1-6) dengan harapan atas usahanya itu manusia mau mengikuti syaitan dan ingat ya! bukan untuk tampil menakut-nakuti di depan manusia.

7 Hikmah Membaca dan Menonton Film Horor, no 7 sensasional!

Menonton maupun membaca kisah horor tidak selamanya buruk ya, tapi juga bagus untuk melatih diri, meskipun menakutkan ternyata bisa memberikan beberapa manfaat yang positif. Berikut adalah beberapa hikmah yang bisa didapat dari menonton film horor

1. Berani menghadapi ketakutan

Menonton film horor memungkinkan kita untuk berani menghadapi ketakutan dalam lingkungan yang aman dan terkendali. Ini bisa membantu kita menjadi lebih berani dan siap menghadapi situasi menakutkan dalam kehidupan nyata. Karena melihat dan bertemu ODGJ nyatanya lebih seram dari setan hihii

2. Pelepasan Emosional

Film horor sering kali memicu respons emosional yang kuat, seperti rasa takut, kaget, dan tegang. Mengalami berbagai emosi ini bisa memberikan pelepasan emosional yang menyegarkan dan membantu mengurangi stres.

3. Adrenalin 

Ketegangan dan kejutan dalam film horor dapat meningkatkan kadar adrenalin, yang bisa memberikan sensasi yang menyenangkan dan memacu semangat.

4. Lebih waspada

Menonton film horor bisa meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan mengamati lingkungan sekitar. Ini bisa berguna dalam mengasah insting kita dalam situasi nyata yang memerlukan kehati-hatian.

5. Eksplorasi Tema yang Dalam

Banyak film horor yang mengeksplorasi tema-tema mendalam seperti kematian, moralitas, ketakutan eksistensial, dan kondisi manusia. Ini bisa memberikan bahan refleksi yang berharga dan memperluas pemahaman kita tentang dunia.

6. Meningkatkan Rasa Syukur

Melihat karakter dalam situasi ekstrem dan mengerikan dapat membuat kita lebih bersyukur atas kenyamanan dan keamanan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Stimulasi Kreatif

Genre horor sering kali penuh dengan cerita yang unik dan imajinatif. Ini bisa merangsang kreativitas dan memberikan inspirasi bagi mereka yang terlibat dalam bidang seni dan kepenulisan.

Emma - 7 Hikmah membaca dan menonton film horor, no 7 sensasional
Kita foto bersama, dok.grup litkom 

Kesimpulan

Genre horor merupakan dunia yang menakutkan namun memikat, penuh dengan kisah-kisah yang menantang kita untuk menghadapi ketakutan terdalam. Atmosfer menegangkan, menawarkan pengalaman yang unik dan mendalam. Membaca sastra maupun menonton film horor bukan hanya tentang mencari sensasi, tetapi juga tentang memahami kondisi manusia, mengeksplorasi tema-tema mendalam, dan menikmati pelepasan emosional yang menyegarkan.

Dunia horor sedikit banyak memberikan hikmah dan manfaat yang mungkin tidak kita sadari. Jadi, apabila menonton film horor, ingatlah bahwa di balik setiap ketegangan dan jeritan, ada pelajaran dan pengalaman yang bisa kita ambil. So mari nikmati horor sebagai perjalanan ke dunia yang penuh misteri dan kengerian! 


Ucapan terima kasih pada narasumber:

Yon Bayu Wahyono 

Ni Made Sri Andani

Sunu Wasono

Nanang Supriyatin

Lokasi : Taman Ismail Marzuki, Cikini Jakarta 





20 komentar

  1. Tak bisa aku cegah, auto senyum dikulum pas di bagian ini:

    "... terkadang saya berpikir mengapa hantu atau dedemit orang Indonesia kok tercipta jelek dan kampungan ya?"

    Setuju! Hahaha.

    Bahkan ada genre film horor dari luar, yang tak perlu ada hantunya, bahkan mampu buat "jumpscare" berkali-kali ya. Luar biasa sekali itu tim kreatif filmnya!

    Baca ini, jadi pengen nonton film horor lagi deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak semangat, sebenarnya film hantu ga ada yang seram kok. Kan mereka orang juga hahaahaa

      Hapus
  2. Oalah ini acara yg ada Mas Yon Bayu...salut ama beliau yg konsisten nulis horor sampai bikin web cerita horor juga.

    Kalau aku nonton film horor takut tapi penasaran juga.

    BalasHapus
  3. Saya tetap gak mau deh nonton film horror. Suka gak bisa tidur. Malah jadi ketakutan sendiri.

    BalasHapus
  4. pas kecil gak suka nonton horor, eh gedenya malah nagih karena memacu adrenaline :D

    BalasHapus
  5. mba aku biasanya nonton film horor itu di siang hari biar malamnya lupa, dan biasanya kebanyakan nutup mata sambil ngintip hahahha

    BalasHapus
  6. Aku termasuk oknum yang terlalu cemen buat nonton film horor di bioskop karena suaranya gak bisa di-mute hahaha.

    Kalo di hape masih berani nonton, tapi ya itu tadi suaranya di-mute aja ahahaha

    BalasHapus
  7. Hahaha... iya juga ya mbak, membaca tulisan ini saya kok jadi mikir juga, kenapa hantu di Indonesia tuh digambarkan dekil dan tempat tinggalnya jelek dan kotor.

    Tontonan/bacaan apapun, tentunya tidak asal di buat. Ada pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulisnya, termasuk film/bacaan bertema horor

    BalasHapus
  8. Kalau menghadapi ketakutan iya juga sih, karena pernah dengar untuk atasi rasa takut maka harus dihadapi apa yang ditakutkan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalo nonton horor malah jadi penakut, sekarang udah nggak pernah lagi. Kalo baca sih masih tapi kadang2. Btw, ku suka mikir, hantu di Indonesia sama luar negeri kok beda2 yaa, bahkan di Jawa sama luar Jawa aja beda. Kok bisa gitu yaa? Hehe

      Hapus
  9. Wkk pertanyaan kenapa hantu indonesia jelek ? Karena kalau keren bakalan tidak takut apalagi kalau sekeren Patrick swayze pemeran film gosh🤣

    BalasHapus
  10. Tapi ya nonton film horor Indonesia tuh lebih menakutkan sih, karena bakal kebayang-bayang kalau aku. Ketimbang nonton film atau baca tentang horor luar negeri sih. Makanya aku gak suka nonton film horor, apalagi baca ceritanya.

    BalasHapus
  11. Sejujurnya, aku bahkan kalo nonton film horor Indo yang ratingnya B aja tuh beneran sampe terngiang-ngiang gituu.. Meski gak detail, tapi kalo crita suka bisa inget, "Eh, kok jadi inget filmnya si A yaa.."
    Saking otakku menyimpan memori horor ini dengan baik ketimbang genre lain.

    Tapi setuju sih..
    in rl, aku lebih horor ngliat ODJG. Mana di daerahku lagi ada yang berkeliaran. Sampe anakku aku wanti-wanti buat gak kluar rumah sendiri. Biasain ajak orang dewasa.

    BalasHapus
  12. Hahahaa iyaa bener juga. Kenapa hantu Indonesia jelek jelek yaaa. Hehee. Kayaknya aku tuh menghindar deh kalau horor tapi berdarah darah. Tapi kalau ritual kuno gitu atau mistis, masih lah

    BalasHapus
  13. Jujurly aku nggak berani nonton film horor
    Maklum aku orangnya penakut
    Habis nonton bisa kebayang yang nggak nggak

    BalasHapus
  14. Wah wah, banyak ya ternyata manfaat film horor. Huhu aku makin ke sini makin gak berani nonton. Abisnya banyak bangun malam dan sendiri. Sering takut sendiri. Mending tetep milih gak nonton ah aku mah. Kasian suami kalo harus nemenin aku terus yang ketakutan kalo abis nonton film horor. Hehehehe.

    BalasHapus
  15. Wah wah, banyak ya ternyata manfaat film horor. Huhu aku makin ke sini makin gak berani nonton. Abisnya banyak bangun malam dan sendiri. Sering takut sendiri. Mending tetep milih gak nonton ah aku mah. Kasian suami kalo harus nemenin aku terus yang ketakutan kalo abis nonton film horor. Hehehehe.

    BalasHapus
  16. Sebagai yang jarang nonton film horor pas lihat list manfaatnya, auto mikir dan jadi kepancing pengen nonton film horor akh sesekali. Toh jaman now film horornya udah keren juga ya.

    Genre horor, ngasih banyak manfaat dan teknik pengambilan nya pun menarik. Bener juga ya, hantu tiap negara beda-beda, mengacu ke adat istiadat setempat.

    BalasHapus
  17. Wkwkwk ngakak hantu Indonesia terbelakang :p
    Btw gak tahu kenapa aku tuh males nonton film horor Indonesia, belum terlalu menarik buatku. Lebih suka nonton horor bikinan luar. Mungkin jg karena ngrasanya gak terlalu lebay dan gak pakai ayat2 kitab suci buat ngusir setannya kali ya haha.

    BalasHapus
  18. Sepertinya saya satu-satunya orang yang gak pernah nonton film horor deh. Pernah sekali itupun di Netflix bukan di bioskop dan minta temenin adik. Iya saya sepenakut itu lihat darah-darah. Atau kagetan kalau liat tiba-tiba ada hantu muncul. Efek takutnya bisa berhari-hari. Makanya mending gak usah nonton. Versi orang penakut kayak aku yaa..

    BalasHapus
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *